Wulandari, Ayu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131005 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2 NIM 4151131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3 NIM 4151131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4 NIM 4151131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5 NIM 4151131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9 NIM 4151131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13 NIM 4151131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14 NIM 4153131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Higher Order Thinking Skills terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Binjai dan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Higher Order Thinking Skills dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil pengolahan data diperoleh data pretest dan posttest berdistribusi normal dan kedua kelas sampel homogen. Setelah data dianalisis, bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II. Dan sesuai dengan uji-t diperoleh bahwa 7,83 > 1,66827 maka Ha diterima (Ho ditolak). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa juga dilakukan uji-t, analisis data yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen II. Hal ini dinyatakan bahwa 3,021> 1,66827 maka Ha diterima (Ho ditolak). Uji Korelasi menunjukan hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh 0,81 > 0,339 dengan koefisien determinasi dari 65%. Hasil korelasi menunjukkan hubungan yang tinggi bahwa ada pengaruh korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh model Problem Based Learning berbasis Higher Order Thinking Skills terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 142 |
Keywords: | Problem based learning; Higher order thinking; Motivasi belajar; Hasil belajar; Larutan penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 08:06 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40242 |