Kusnodin, Imam (2013) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL, KETERAMPILAN PROSES DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 3 MEDAN SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 071188130006 Judul.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. 071188130006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
3. 071188130006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. 071188130006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. 071188130006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. 071188130006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. 071188130006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. 071188130006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
9. 071188130006 Bab I.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
10. 071188130006 Bab V.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
11.071188130006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri atas: (1) Apakah kompetensi profesional guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?, (2) Apakah ketrampilan proses guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?, (3) Apakah motivasi guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?, (4) Apakah kompetensi profesional dan ketrampilan proses guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?, (5) Apakah kompetensi profesional dan motivasi guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?, (6) Apakah keterampilan proses dan motivasi guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?, (7) Apakah kompetensi profesional, ketrampilan proses dan motivasi guru berhubungan dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Hubungan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan, (2) Hubungan ketrampilan proses guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan, (3) Hubungan motivasi guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan, (4) Hubungan kompetensi profesional dan ketrampilan guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan, (5) Hubungan kompetensi profesional dan motivasi guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan, (6) Hubungan keterampilan proses dan motivasi guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan, dan (7) Hubungan kompetensi profesional, keterampilan proses dan motivasi guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Medan.Populasi penelitian ini terdiri dari guru SMK Negeri 3 Medan sebanyak 70 orang, dengan ketentuan 20 orang guru sebagai responden uji coba, dan 50 orang guru sebagai responden penelitian. Untuk memperoleh data tentang kinerja guru, dilakukan observasi terhadap data pendukung dan kegiatan guru dalam proses pembelajaran, dan untuk memperoleh data tentang kompetensi profesional guru, keterampilan proses dan motivasi guru digunakan angket penelitian.Teknik analisis data menggunakan korelasi sederhana dan korelasi berganda, dan regresi sederhana dan regresi berganda pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru SMK Negeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,857, dan kontribusi efektif sebesar 14,162%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi proses guru dengan kinerja guru SMK Megeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0,727, dan kontribusi efektif sebesar 21,253%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan kinerja guru SMK Megeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry3 = 0,717, dan kontribusi efektif sebesar 40,484%, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional dan atau Keterampilan Proses, dan atau Motivasi secara bersama-sama dengan Kinerja Pembelajaran Guru SMK Negeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry.12 = 0,870, (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional dan Motivasi secara bersama-sama dengan Kinerja Guru SMK Negeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry.13 = 0,861, (6) terdapat hubungan yang positif dan searah antara Keterampilan Proses dan Motivasi secara bersama-sama dengan Kinerja Guru SMK Negeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry.23 = 0,776, dan (7) terdapat hubungan yang positif dan searah antara Kompetensi Profesional, Keterampilan Proses, dan Motivasi secara bersama-sama dengan Kinerja Guru SMK Negeri 3 Medan dengan koefisien korelasi sebesar ry.123 = 0,871, dengan kontribusi sebesar 87,10% dan sisa sebesar 12,90% diperkirakan dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar kompetensi profesional, keterampilan proses, dan motivasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Kus h |
Keywords: | Guru; Motivasi; Kompetensi profesional; Keterampilan proses |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4024 |