TAMBUNAN, HERLYEN (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153111027 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 4153111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3. NIM. 4153111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM. 4153111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 4153111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 4153111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM. 4153111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 4153111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 4153111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 4153111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
14. NIM. 4153111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) pada materi program linear di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 35 orang siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran Brain Based Learning pada materi program linear di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Bentuk soal tes kemampuan berpikir kritis adalah uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan berpikir kritis. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes kemampuan awal. Dari tes awal menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, diperoleh 9 siswa (25,71%) yang mampu berpikir kritis sesuai indikator yang ditentukan dengan nilai rata-rata 63,25. Setelah pemberian tindakan pada siklus I terdapat 26 siswa (74,28%) yang mampu berpikir kritis sesuai indikator yang ditentukan dengan nilai rata-rata 76,33. Selanjutnya pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,57% atau 31 dari 35 siswa yang mampu berpikir kritis sesuai indikator yang ditentukan dengan nilai rata-rata 86,16. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi program linear di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 067 |
Keywords: | kemampuan berpikir kritis matematis;model pembelajaran Brain Based Learning(BBL) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40171 |