PENGEMASAN MATERI PEMBELAJARAN TARI CEK MINAH SAYANG DALAM BENTUK APLIKASI MOBILE LEARNING UNTUK SISWA MENENGAH ATAS KELAS X

Wiranti, Fani (2020) PENGEMASAN MATERI PEMBELAJARAN TARI CEK MINAH SAYANG DALAM BENTUK APLIKASI MOBILE LEARNING UNTUK SISWA MENENGAH ATAS KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2152141003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2152141003 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2152141003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2152141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2152141003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2152141003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2152141003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2152141003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2152141003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2152141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2152141003 PICTURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2152141003 PICTURES.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2152141003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2152141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2152141003 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2152141003 TABLES.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2152141003 CHAPTER 1.docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2152141003 CHAPTER 1.docx.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2152141003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2152141003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2152141003 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2152141003 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dan menghasilkan pengemasan materi pembelajaran tari Cek Minah Sayang dalam bentuk aplikasi Mobile Learning untuk siswa sekolah menengah atas kelas x. Teori-teori yang digunakan dalam topik penelitian yaitu teori pengemasan, pembelajaran, tari cek minah sayang, aplikasi Mobile Learnin berbasis android. Langkah-langkah pengemasan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Sutopo dalam Arthana & Sarasaptiasa (2014). Metode yang digunakan adalah metode dekskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data memakai skala likert untuk menghitung keseluruhannya. Penelitian ini dilaksakan di Studio Tari Prodi Pendidikan Tari Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa Dan Seni. Hasil penelitian
diketahui bahwa ada 6 tahapan dalam pengemasan materi pembelajaran tari Cek Minah Sayang dalam bentuk aplikasi Mobile Learning untuk siswa sekolah menengah atas kelas x dari (1) Concept (2) Design (3) Material Collecting (4)
Assembly (5) Testing (6) Upload. Pada tahap testing melibatkan 2 validator ahli materi dan 1 validator ahli media. Produk ini mendapat kategori sangat baik dengan
rincian skor 4,7 dari uji validasi ahli materi dan skor 4,8 dari uji validasi ahli media. Skor tersebut membuktikan bahwa produk materi pembelajaran dalam bentuk
aplikasi Mobile Learning ini sangat baik dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Seni Budaya khususnya bidang Seni Tari Kelas X SMA. Produk materi pembelajaran ini dikemas dalam bentuk aplikasi Mobile Learning berbasis
android yang diunggah ke playstore dan digunakan dengan Smartphone yang terhubung dengan jaringat internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 TARI 044
Keywords: materi pemebelajaran, tari cek minah sayang mobile learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:27
Last Modified: 10 Sep 2020 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40123

Actions (login required)

View Item
View Item