MANALU, JIMMI APUL MARINGAN (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA TEMA 7 SUBTEMA "INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU" KELAS IV SD SWASTA SANTA MARIA KECAMATAN TARUTUNG T. A 2018/ 2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166181009 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8166181009 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
4. NIM. 8166181009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
3. NIM. 8166181009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 8166181009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
6. NIM. 8166181009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8166181009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 8166181009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 8166181009 BAB 1.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM. 8166181009 BAB 5.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
14. NIM. 8166181009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis adobe flash pada subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku” di SD Swasta Santa Maria Kecamatan Tarutung. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) yang terdiri atas 4 tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah 3 validator ahli dan 75 siswa kelas IV SD Swasta Santa Maria. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar penilaian ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan tes hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli desain pembelajaran sebesar 3,8, ahli media pembelajaran sebesar 3,8 dan ahli materi pembelajaran sebesar 3,5 dengan kriteria sangat layak digunakan, serta efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa diantaranya persentase ketuntasan klasikal pada uji coba I mencapai 87% dengan perolehan rata-rata N-Gain adalah 0,6 dan persentase ketuntasan klasikal uji coba II mencapai 89,19% dengan perolehan rata-rata N-Gain adalah 0,7 serta mendapat respon positif dari guru mencapai rata-rata 3,4 dengan kriteria sangat layak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Man p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Adobe Flash; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40030 |