HUTAURUK, ENDANG (2020) ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERBASIS METAKOGNISI SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171011 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 8166171011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. NIM. 8166171011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8166171011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 8166171011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 8166171011 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 8166171011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 8166171011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166171011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
13. NIM. 8166171011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis metakognisi siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL); (2) deskripsi proses jawaban kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis metakognisi siswa dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Leraning (PBL); (3) kesulitan proses berpikir kreatif matematis berbasis metakognisi siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 27 Medan kelas VII-5 yang berjumlah 32 orang. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat 6 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi dengan metakognisi tingkat reflective use berjumlah 1 siswa dan metakognisi tingkat strategic use berjumlah 5 siswa; terdapat 12 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis kategori sedang dengan metakognisi tingkat strategic use berjumlah 10 siswa dan metakognisi tingkat aware use berjumlah 2 siswa; terdapat 14 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis kategori rendah dengan tingkat metakognisi aware use berjumlah 11 siswa dan metakognisi tingkat tacit use berjumlah 3 siswa; (2) Proses jawaban siswa diamati berdasarkan teori Wallas, maka disimpulkan bahwa: a) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat tinggi dengan metakognisi tingkat reflective use dan strategic use dengan proses jawaban yang memenuhi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi, b) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat sedang dengan metakognisi tingkat strategic use bahwa proses jawaban siswa memenuhi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi sedangkan siswa dengan metakognisi tingkat aware use beberapa siswa tidak mencapai tahapan verifikasi, c) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat rendah dengan metakognisi tingkat aware use dan tacit use dengan proses jawaban yang tidak memenuhi tahapan iluminasi dan verifikasi; (3) Siswa yang mengalami kesulitan yang dialami oleh siswa tingkat sedang dan rendah yang mencakup pada kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Hut a |
Keywords: | PROSES BERPIKIR KREATIF; METAKOGNISI; MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40029 |