Masitha, Siti (2019) ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 PENERBIT YUDHISTIRA JENJANG SD, SMP, DAN SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141062 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143141062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3. NIM. 4143141062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4. NIM. 4143141062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 4143141062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
9. NIM. 4143141062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
13. NIM. 4143141062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM. 4143141062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesinambungan konsep yang meliputi keluasan dan kedalaman konsep materi system peredaran darah pada buku teks pelajaran kurikulum 2013 penerbit Yudhistira jenjang SD, SMP, dan SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis isi (content analysis). Populasi dari penelitian ini adalah buku teks pelajaran Tematik Terpadu V SD, IPA Terpadu VIII SMP, dan Biologi XI SMA yang ditulis berdasarkan kurikulum 2013, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah buku Tematik Terpadu kelas V Tema D yang ditulis oleh Dhiah Saptorini dan Lili Nurlaili, buku IPA Terpadu Kelas VIII yang ditulis oleh V. K. Sally, buku Biologi Kelas XI yang ditulis oleh Arif Priadi dan Yati Herlanti. Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keluasan pada jenjang SD sebesar 100% dengan kriteria meluas, pada jenjang SMP sebesar 93.75% dengan kriteria meluas, pada jenjang SMA dengan persentase 94.74% dengan kriteria meluas dan persentase rata-rata keluasan antar jenjang SD, SMP, dan SMA sebesar 96.16% dengan kriteria meluas. Sedangkan data kedalaman pada jenjang SD diperoleh sebesar 81.71% dengan kriteria kurang mendalam, pada jenjang SMP sebesar 84.85% dengan kriteria kurang mendalam, dan SMA sebesar 76.34% dengan kriteria mendalam dan persentase rata-rata kedalaman antar jenjang SD, SMP, dan SMA sebesar 80.97% dengan kriteria cukup mendalam. Persentase kesinambungan konsep materi pada jenjang SD sebesar 90.86% dengan kriteria berkesinambungan, pada jenjang SMP sebesar 89.30% dengan kriteria berkesinambungan, pada jenjang SMA sebesar 85.55% dengan kriteria berkesinambungan dan persentase rata-rata kesinambungan konsep materi antar jenjang SD, SMP, dan SMA sebesar 88.57% dengan kriteria berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 184 |
Keywords: | Kesinambungan; Sistem peredaran darah; Buku teks pelajaran; Penerbit Yudhistira; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 04:02 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39991 |