PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2018/2019

Lumban Tobing, Priskila Uli Arta (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143141047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143141047 COVER.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143141047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143141047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143141047 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143141047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143141047 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143141047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143141047 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143141047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143141047 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143141047 BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143141047 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143141047 BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143141047 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143141047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis kelas IX pada materi Sistem Reproduksi di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 323 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas IX4 (kelas kontrol) sebanyak 36 siswa dan IX6 (kelas eksperimen) sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari 15 butir soal untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan angket yang terdiri dari 20 pernyataan untuk menguji kemampuan literasi sains. Dari hasil uji prasyarat data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen (79,03), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai adalah 70,94 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 87,22, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 77,65. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t sampel mandiri pada α = 0,05, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis kelas IX pada materi Sistem Reproduksi di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 168
Keywords: Kemampuan literasi sains; Kemampuan berpikir kritis; Problem based learning; Sistem reproduksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:54
Last Modified: 28 Jul 2020 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39979

Actions (login required)

View Item
View Item