Lumban Tobing, Priskila Uli Arta (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141047 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM. 4143141047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 4143141047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM. 4143141047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 4143141047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
9. NIM. 4143141047 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM. 4143141047 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 4143141047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis kelas IX pada materi Sistem Reproduksi di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 323 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas IX4 (kelas kontrol) sebanyak 36 siswa dan IX6 (kelas eksperimen) sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari 15 butir soal untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan angket yang terdiri dari 20 pernyataan untuk menguji kemampuan literasi sains. Dari hasil uji prasyarat data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen (79,03), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai adalah 70,94 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 87,22, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 77,65. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t sampel mandiri pada α = 0,05, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis kelas IX pada materi Sistem Reproduksi di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 168 |
Keywords: | Kemampuan literasi sains; Kemampuan berpikir kritis; Problem based learning; Sistem reproduksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39979 |