Tarigan, Novia Lestari (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4152141017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM.4152141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
3. NIM.4152141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM.4152141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
5. NIM.4152141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM.4152141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. NIM.4152141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
14. NIM.4152141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA SMAN 10 Medan T.P 2018//2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Mei, di SMAN 10 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 103 orang. Sampel diambil secara acak dan berjumlah 60 orang. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siswa kelas eksperimen adalah pretes sebesar 44,89 dan postes sebesar 83,53, sedangkan kelas kontrol pretes sebesar 44,34 dan postes sebesar 73,53. Selanjutnya uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa (thitung = 4,793 > ttabel = 2,393) untuk hasil belajar dan (thitung = 5,934 > ttabel = 2,393) untuk keterampilan proses sains siswa pada taraf signifikasi 1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAN 10 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 174 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Keterampilan proses sains; Perubahan lingkungan; Pembelajaran saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 07:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39973 |