PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Siregar, Mehmet Emilsah (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4131141027 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4131141027 Cover.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4131141027 Approval Sheet.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4131141027 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131141027 Abstract.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4131141027 Abstract.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131141027 Preface.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4131141027 Preface.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131141027 Table Of Content.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131141027 Table Of Content.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131141027 Chapter I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4131141027 Chapter I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4131141027 Chapter V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4131141027 Chapter V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131141027 Bibliograpy.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4131141027 Bibliograpy.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, dimana populasi penelitian yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 20 medan yang berjumlah 5 kelas dan sampel yang digunakan adalah Kelas X MS 1 dan kelas X MS 2. Kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen I diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dan kelas X MS 2 sebagai kelas eksperimen II diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Masing-masing berjumlah 33 dan 30 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test pilihan berganda sebanyak 30 soal sebagai soal pretest dan postest dengan rincian 15 soal test kognitif dan 15 soal test keterampilan proses sains. Hasil pengujian hipotesis yang di peroleh untuk test kognitif menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (2,431 >1,999) dan untuk test keterampilan proses sains juga demikian thitung > ttabel yaitu (4,152>1,999) dengan taraf kepercayaan (α = 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMA Negeri 20 Medan. Dalam penelitian ini hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa menggunakan model cooperative learning tipe group investigation lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 100
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Group investigation; Hasil belajar; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:55
Last Modified: 22 Jul 2020 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39968

Actions (login required)

View Item
View Item