Nisa, Khairun (2019) MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152141012_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4152141012_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4152141012_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4152141012_PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 4152141012_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
9. NIM. 4152141012_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 4122141001_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 4152141012_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi ekosistem di MAN 1 Langkat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Miskonsepsi siswa pada materi pokok ekosistem dianalisis dengan menggunakan intrumen tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (Certainty of respons index, CRI). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata miskonsepsi siswa pada materi ekosistem di MAN 1 Langkat Tahun Pembelajaran 2018/2019 yaitu sebesar 42,30% dikategorikan hampir setengahnya mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi siswa paling tinggi pada materi ekosistem di MAN 1 Langkat terdapat pada indikator tentang mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu sebesar 55% dan dikategorikan lebih dari setengahnya. Sedangkan berdasarkan sumber informasi yang menyebabkan miskonsepsi siswa paling banyak berasal dari Buku (48,62%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 196 |
Keywords: | Miskonsepsi; Sumber informasi; Ekosistem; Certainty of response index |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 04:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39962 |