MUTIA, RAUDATUS (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI KESETIMBANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 4161131026 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 NIM. 4161131026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
3 NIM. 4161131026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4 NIM. 4161131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5 NIM. 4161131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6 NIM. 4161131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7 NIM. 4161131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8 NIM. 4161131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9 NIM. 4161131026 BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13 NIM. 4161131026 BAB V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14 NIM. 4161131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE (Ananlysis, design, development or production, implementation or delivery and evaluate). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis masalah yang
dikembangkan berdasarkan standar BSNP, mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Macromedia Flash berbasis masalah dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri dari instrumen pengujian kelayakan media berupa lembar validasi para ahli media pembelajaran berdasarkan BNSP, instrumen pengujian respon siswa terhadap media berupa angket, dan instrument pengujian hasil belajar dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh data uji coba kelayakan media yang telah direvisi berada pada kategori sangat layak
dengan nilai rata-rata pada aspek kelayakan isi 4,39; bahasa 4,66; penyajian 4,39; dan kelayakan kegrafikan 4,33 sehingga rata-rata semua aspek diperoleh sebesar 4,44. Pada respon siswa terhadap media pembelajaran macromedia flash
diperoleh rata-rata 87% dengan kategori sangat menarik digunakan. Untuk hasil belajar Instrumen penelitian telah diuji validitas dengan reliabilitas rhitung 0,7917 >
rtabel 0,320 sehingga diperoleh kedua kelas bedistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,396 > 1,672. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran macromedia flash hasil
pengembangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 078 |
Keywords: | macromedia flash ; kesetimbangan kimia ; problem based learning ; hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 23:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39937 |