SARI, RENI INAYA (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHDAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2016-2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162141004 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 7162141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3. NIM 7162141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
4. NIM 7162141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
5. NIM 7162141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
6. NIM 7162141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7. NIM 7162141004 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
8. NIM 7162141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
9. NIM 7162141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
13. NIM 7162141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
14. NIM 7162141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan efikasi diri akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2016 – 2018, Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expo facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2016 – 2018 yang berjumlah 328 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 113 mahasiswa menggunakan rumus Arikunto, yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner atau angket. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas, serta uji analisis jalur (path analysis). Hal ini menunjukan bahwa kecerdesan emosional, kecerdasan spiritual dan efikasi diri akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi
belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi stambuk 2016 - 2018 Universitas Negeri Medan. Efikasi diri akademik sebagai variable intervening menggambarkan bahwa efikasi diri akademik memiliki pengaruh yang besar terhadap pencapaian prestasi belajar. Dengan analisis yang telah dilakukan, ternyata signifikansi dari pengujian seluruh hipotesis berada di bawah 0,005. Ini memberikan makna bahwa efikasi diri dapat digunakan untuk memprediksikan prestasi belajar. Dengan kata lain, apabila efikasi diri ditingkatkan, maka prestasi belajar juga akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 075 |
Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, EFIKASI DIRI AKADEMIK, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 22:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39934 |