ARPAN, MHD (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII MTSN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2162111004 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 2162111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
3. NIM 2162111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM 2162111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM 2162111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 2162111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 2162111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 2162111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
12. NIM 2162111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM 2162111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII MTsN 2 Medan melalui model pembelajaran aktif quiz team. Penggunaan model pembelajaran aktif quiz team diharapkan mampu mempermudah siswa dalam mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dan mampu meningkatkannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan mengidentifikasi informasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran aktif quiz team, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif quiz team terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan deskriptif dengan tipe tes awal-tipe tes akhir dengan kelompok tunggal (the one grup pre-test-post-test). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Medan dengan jumlah polulasi 444 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-4, dengan jumlah 30 siswa). Nilai rata-rata pre-test siswa 64,16, dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditenmtukan sekolah yaitu 70, sedangkan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 84,15. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berditribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung< Ltabel pada tahap signifikan, hasil ui normalitas pre-test adalah (0,1328<0,161), hasil uji normalitas data post-test (0,0877< 0,161). Hasil uji homogenitaskemampuan mengidentifikaasi informasi teks eksplanasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 2,70<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 9,62 > 1,67, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif quiz team memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi siswa kelas VIII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 070 |
Keywords: | Teks Eksplanasi, Model Quiz Team |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 16:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39921 |