Pengembangan Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) Kolaboratif Kooperatif Jigsaw dalam Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Medan

Nurjanah, Siti Pengembangan Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) Kolaboratif Kooperatif Jigsaw dalam Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176192030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176192030 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176192030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176192030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176192030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176192030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176192030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176192030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176192030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176192030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176192030 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176192030 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176192030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176192030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176192030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176192030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176192030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176192030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176192030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176192030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176192030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176192030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mengembangkan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) kolaboratif Kooperatif Jigsaw dalam menulis teks berita tanpa menghilangkan unsur ARIAS dan Jigsaw itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden belum pernah menggunakan model pembelajaran yang berkolaborasi dengan model lain, menggugah rasa percaya diri dan sesuai dengan minat siswa dan anggapan siswa bahwa materi teks berita terlalu sulit dan siswa merasa bingung mengorganisasikan ide ketia penulisan dimulai serta merasa sulit menyusun kalimat pertama dalam penulisan. 2) validasi ahli materi meliputi dan validasi ahli desain pembelajaran. Validasi desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 89,02 dengan kreteria sangat baik dan hasil validasi oleh ahli materi mandapatkan skor rata-rata 83,47 dengan kreteria sangat baik. 3) Uji efektivitas produk pembelajaran berupa pengembangan model pembelajaran assurance relevance interest assessment satisfaction (ARIAS) kolaboratif Kooperatif Jigsaw terhadap responden 32 siswa yang terdiri dari 3 orang guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang mendapat hasil rata-rata 80, 15% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan pengembangan model pembelajaran Assueance Relevance Interesrt Assessment Satisfaction (ARIAS) kolaboratif kooperatif jigsaw mengalami peningkatan hasil belajar yakni 80,15% dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan model pembelajaran assurance relevance assessment satisfaction (ARIAS) kolaboratif kooperatif jigsaw. Dengan demikian model pembelajaran Assurance Relevance Interesrt Assessment Satisfaction (ARIAS) kolaboratif kooperatif jigsaw lebih memotivasi, membangkitkan rasa percaya diri siswa, mandiri dan membangkitkan rasa tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.02 Nur p
Keywords: Model Pembelajaran; ARIAS; Pengembangan; Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc.
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. > PN4775 Technique. Practical journalism
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2020 05:29
Last Modified: 16 Jul 2020 05:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39859

Actions (login required)

View Item
View Item