Nurjanah, Siti Pengembangan Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) Kolaboratif Kooperatif Jigsaw dalam Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176192030 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8176192030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176192030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8176192030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 8176192030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 8176192030 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 8176192030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8176192030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176192030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM. 8176192030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 8176192030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mengembangkan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) kolaboratif Kooperatif Jigsaw dalam menulis teks berita tanpa menghilangkan unsur ARIAS dan Jigsaw itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden belum pernah menggunakan model pembelajaran yang berkolaborasi dengan model lain, menggugah rasa percaya diri dan sesuai dengan minat siswa dan anggapan siswa bahwa materi teks berita terlalu sulit dan siswa merasa bingung mengorganisasikan ide ketia penulisan dimulai serta merasa sulit menyusun kalimat pertama dalam penulisan. 2) validasi ahli materi meliputi dan validasi ahli desain pembelajaran. Validasi desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 89,02 dengan kreteria sangat baik dan hasil validasi oleh ahli materi mandapatkan skor rata-rata 83,47 dengan kreteria sangat baik. 3) Uji efektivitas produk pembelajaran berupa pengembangan model pembelajaran assurance relevance interest assessment satisfaction (ARIAS) kolaboratif Kooperatif Jigsaw terhadap responden 32 siswa yang terdiri dari 3 orang guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang mendapat hasil rata-rata 80, 15% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan pengembangan model pembelajaran Assueance Relevance Interesrt Assessment Satisfaction (ARIAS) kolaboratif kooperatif jigsaw mengalami peningkatan hasil belajar yakni 80,15% dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan model pembelajaran assurance relevance assessment satisfaction (ARIAS) kolaboratif kooperatif jigsaw. Dengan demikian model pembelajaran Assurance Relevance Interesrt Assessment Satisfaction (ARIAS) kolaboratif kooperatif jigsaw lebih memotivasi, membangkitkan rasa percaya diri siswa, mandiri dan membangkitkan rasa tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.02 Nur p |
Keywords: | Model Pembelajaran; ARIAS; Pengembangan; Teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. > PN4775 Technique. Practical journalism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 05:29 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39859 |