Megawati (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Sekolah Dasar Wilayah 15 Kecamatan Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181015 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 8166181015 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM 8166181015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 8166181015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM 8166181015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM 8166181015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 8166181015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 8166181015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8166181015 BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM 8166181015 BAB V.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
14. NIM 8166181015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan LKS berbasis keterampilan proses sains; (2) Efektivitas LKS berbasis keterampilan proses sains; (3) Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan menggunakan LKS berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar wilayah 15 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Desain LKS menggunakan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok menengah dan uji kelompok besar yang dilakukan di SDS Nurul Hasanah Tembung. Data telah diverifikasi oleh 3 dosen ahli materi, 2 dosen ahli desain instruksional LKS, siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi adalah 96% dengan kategori sangat layak, validasi ahli desain instruksional adalah 95% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap LKS pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 92% pada kategori sangat dapat diterapkan. Respon guru pada uji coba kelompok menengah mempunyai rata-rata nilai 100% dengan kategori sangat dapat diterapkan. Berdasarkan hasil perhitungan Ngain Score, nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,80 dengan kategori cukup efektif lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yakni 34,04 dengan kategori tidak efektif. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada tahap disseminate yang dilakukan di 3 sekolah yakni SDN 101768 Tembung, SDN 101770 Tembung, dan SD Swasta Tunas Bangsa memiliki nilai rata-rata sebesar 93,33% pada kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata keterampilan proses sains pada tahap disseminate memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,85 pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa berbasis keterampilan proses sains sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 071 Meg p |
Keywords: | lembar kerja siswa berbasis keterampilan proses sains; kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 04:14 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39851 |