Parlin (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-IS SMA SWASTA IMMANUEL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122029 Judul.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8106122029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. 8106122029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. 8106122029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. 8106122029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. 8106122029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. 8106122029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. 8106122029 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. 8106122029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
10. 8106122029 Bab I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
11. 8106122029 Bab V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
12. 8106122029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Strategi Pengorganisasian Peta Konsep (Concept Mapping). Penelitian ini dilaksanakan kepada semua peserta didik kelas XI-IS yang terdiri dari sembilan belas laki-laki dan empat belas perempuan. PTK dilakukan dalam dua siklus, yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang dipergunakan adalah : (1) lembar observasi, (2) angket, dan (3) evaluasi hasil belajar. Data dianalisis dengan mempergunakan teknik : (1) reduksi data, (2) sajian deskriptif, dan (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)70 sesuai dengan penilaian yang berlaku dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Swasta Immanuel Medan. Kondisi awal kemampuan siswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah 40%, dan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pengorganisasian Peta Konsep (Concept Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu 67% pada Siklus I menjadi 91% pada Siklus II.Hasil PTK ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru Sosiologi untuk dapat memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang dipelajari secara efisien, efektif, berdaya tarik, dan humanis. Mengingat fungsi, tujuan, dan ruang lingkup Sosiologi yang memungkinkan peserta didik mengenal dan mengetahui berbagai gejala, fenomena, baik secara kelompok maupun individu dan mampu menganalisis kelompok sosial yang ada di masyarakat serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan kehidupan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Par p |
Keywords: | Sosiologi; Peta konsep; Organisasi strategis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3975 |