Nasution, Pidayanti (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMAS ANGKASA 1 LANUD MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121036 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4152121036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM. 4152121036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 4152121036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4152121036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM. 4152121036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 4152121036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 4152121036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan edmodo (2) mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (3) mengetahui aktivitas belajar siswa dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan edmodo dan (4) mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMAS Angkasa 1 Lanud Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 23,13 dengan standar deviasi 6,07 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 23,93 dengan standar deviasi 5,19. Hasil uji t dua pihak, diperoleh thitung = 0,54 dan ttabel = 1,54 sehingga thitung< ttabel maka Ho diterima dan rata-rata postes kelas eksperimen 75,87 dengan standar deviasi 9,69 dan kelas kontrol 68,80 dengan standar deviasi 8,9. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama yaitu 68,44%; pertemuan kedua yaitu 79,33%; dan pertemuan ketiga 87,11% Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 78,29 termasuk kategori aktif. N-gain kelas eksperimen adalah g = 0,75 merupakan kategori tingi, sedangkan N-gain kelas kontrol adalah g = 0,59 merupakan kategori sedang. Oleh karena itu, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji t satu pihak dengan = 0,05, diperoleh thitung = 2,58 dan ttabel = 1,54 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan ada perbedaan akibatpengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMAS Angkasa 1 Lanud Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 203 |
Keywords: | Edmodo; Hasil belajar; Problem based learning; Usaha; Energi; Model pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 07:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39721 |