Korua, Jefry Kurniawan (2012) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) PADA SISWA KELAS IX SMP BETHANY MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122014 Judul.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. 8106122014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
3. 8106122014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. 8106122014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. 8106122014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. 8106122014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. 8106122014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. 8106122014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. 8106122014 Bab I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
10. 8106122014 Bab V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
11. 8106122014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Role Play. Penelitian ini dilaksanakan kepada semua siswa kelas IX yang berjumlah tujuh laki-laki dan delapan perempuan. PTK dilakukan dalam dua siklus, yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang dipergunakan adalah : (1) lembar observasi, (2) angket, dan (3) evaluasi hasil belajar. Data dianalisis dengan mempergunakan teknik : (1) reduksi data, (2) sajian deskriptif, dan (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sesuai dengan penilaian yang berlaku dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Bethany Medan. Kondisi awal kemampuan siswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah 40%, dan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Play dapat meningkatkan minat belajar yang sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu 53% pada Siklus I menjadi 80% pada Siklus II.Hasil PTK ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru PAK untuk dapat memilih dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang dipelajari secara efisien, efektif, berdaya tarik, dan humanis mengingat fungsi, tujuan, dan ruang lingkup PAK yang strategis dalam mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan siswa yang berakhlak mulia, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 268.6 Kor p |
Keywords: | Minat belajar; Role play; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3972 |