PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH

Mandasari, Lola (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106172009 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106172009 Judul.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106172009 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106172009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106172009 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106172009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106172009 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106172009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106172009 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106172009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106172009 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106172009 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106172009 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106172009 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106172009 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106172009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106172009 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106172009 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106172009 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106172009 Bab V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106172009 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106172009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang diberi model problem based learning menggunakan software autograph dan model problem based learning. (2) interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis. (3) interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa(4) proses penyelesaian masalah kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui problem based learning menggunakan software autograph.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di SMA Swasta Panca Budi Medan. Pemilihan sampel yang dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara random. ampel diambil dua kelas secara acak. Kelas eksperimen memperoleh problem based learning menggunakan software autograph. Dan kelas control dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kreatif dan pemecahan masalah matematis. Reliabilitas untuk kemampuan kreatif dan pemecahan masalah adalah 0,833 dan 0,842.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Manova untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Problem Based Learning menggunakan software Autograph. Uji Anova untuk mengetahui interaksi kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran yang digunakan. Dan analisis deskriptif untuk melihat proses penyelesaian masalah kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui problem based learning menggunakan software autographHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi problem based learning menggunakan software autograph lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah untuk kelompok eksperimen adalah 0,8 dan 0,7 dengan ketegori tinggi dan kelas kontrol 0,3 dan 0,3 dengan kategori sedang. (2) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan befikir kratif siswa. (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.(4) Proses pemecahan masalah kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui problem based learning menggunakan software autograph lebih baik lebih baik dari pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Man p
Keywords: Berpikir kreatif; Software autograph; Problem based learning; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item
View Item