Mandasari, Lola (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172009 Judul.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8106172009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. 8106172009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. 8106172009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 8106172009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. 8106172009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 8106172009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. 8106172009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. 8106172009 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106172009 Bab V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
11. 8106172009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang diberi model problem based learning menggunakan software autograph dan model problem based learning. (2) interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis. (3) interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa(4) proses penyelesaian masalah kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui problem based learning menggunakan software autograph.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di SMA Swasta Panca Budi Medan. Pemilihan sampel yang dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara random. ampel diambil dua kelas secara acak. Kelas eksperimen memperoleh problem based learning menggunakan software autograph. Dan kelas control dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kreatif dan pemecahan masalah matematis. Reliabilitas untuk kemampuan kreatif dan pemecahan masalah adalah 0,833 dan 0,842.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Manova untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Problem Based Learning menggunakan software Autograph. Uji Anova untuk mengetahui interaksi kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran yang digunakan. Dan analisis deskriptif untuk melihat proses penyelesaian masalah kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui problem based learning menggunakan software autographHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi problem based learning menggunakan software autograph lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah untuk kelompok eksperimen adalah 0,8 dan 0,7 dengan ketegori tinggi dan kelas kontrol 0,3 dan 0,3 dengan kategori sedang. (2) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan befikir kratif siswa. (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.(4) Proses pemecahan masalah kemampuan berfikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa melalui problem based learning menggunakan software autograph lebih baik lebih baik dari pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Man p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Software autograph; Problem based learning; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3966 |