Pasaribu, Laili Habibah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY SISWA DI SMP KOTA PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171028 Judul.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. 8106171028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8106171028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. 8106171028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. 8106171028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. 8106171028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. 8106171028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. 8106171028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. 8106171028 Bab I.pdf - Published Version
Download (905kB) | Preview
10. 8106171028 Bab V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
11. 8106171028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa pada masing-masing pembelajaran, (2) Apakah terdapat perbedaan self-efficacy siswa pada masing-masing pembelajaran, (3) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematik siswa pada masing-masing pembelajaran, (4) Ada interaksi antara pendekatan kooperatif tipe STAD dengan kemampuan awal matematik (KAM) terhadap peningkatan komunikasi matematika siswa, (5) Ada interaksi antara pendekatan kooperatif tipe STAD dengan kemampuan awal matematik (KAM) dalam peningkatan self-efficacy siswa, (6) Proses penyelesaian jawaban siswa pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas IX yang berakreditasi A di kota Padangsidimpuan. Secara acak dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian yaitu SMPN 1 dan SMP Nurul Ilmi. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan kooperatif tipe STAD berbantuan software Autograph dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa berbantuan software Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi dan self-efficacy dinyatakan telah telah memenuhi syarat validatas isi serta koefisien reliabilitas sebesar 0,73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa pada masing-masing pembelajaran, (2) Terdapat perbedaan kemampuan self-efficacy siswa masing-masing pembelajaran, (3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika dan self-efficacy siswa pada masing-masing pembelajaran, (4) Tidak Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan awal matematik (tinggi, rendah) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, (5) Tidak Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan awal matematik (tinggi, rendah) dalam meningkatkan self-efficacy siswa, (6) Proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menggunakan software Autograph lebih bervariasi proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa yang menggunakan software Autograph. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan sbb: Pembelajaran menggunakan kooperatif tipe STAD berbantuan software Autograph pada pembelajaran matematika yang menekankan kepada kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif khususnya dalam mengajarkan materi statistik di kelas IX. Pada pembelajaran biasa hendaknya guru dapat memberikan motivasi lebih kepada siswa untuk dapat mengajak siswa dalam penekanan “ process of doing mathematics” dengan memberikan lembar aktivitas yang dikerjakan oleh siswa sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pas p |
Keywords: | Komunikasi; Statistik; Self efficacy; Pembelajaran ekspositori; Media pembelajaran; Software autograph; Pembelajaran kooperatif STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3961 |