Sartika, Mita Ayu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS QUIPPER SCHOOL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121041 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4151121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 4151121041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 4151121041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4151121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
9. NIM. 4151121041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 4151121041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4151121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry berbasis quipper school terhadap keterampilan proses sains pada materi momentum dan impuls kelas X semester II SMA Negeri 21 Medan T.P 2018/2019. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Populasi penelitian kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan model pembelajaran scientific inquiry berbasis quipper school dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelilitian ini , yaitu : 1) Tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay yang berjumlah 8 soal yang dinyatakan valid. 2) Lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Data penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,90 dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,80. Hasil uji hipotesis menggunakan Excel diperoleh bahwa keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model scientific inquiry menggunakan media quipper school lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains menggunakan model konvensional. Keterampilan proses sains siswa setelah melakukan pembelajaran dikelas konvensional mengalami peningkatan cukup tinggi hal ini dapat dilihat dari rata-rata pretes yang awalnya 32,80 meningkat 62,18. Hasil peneliti yang didapat yaitu adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry berbasis Quipper School terhadap keterampilan proses sains kelas X Semester II SMA N 21 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 126 |
Keywords: | Scientific inquiry; Quipper school; Keterampilan proses sains; Media pembelajaran; Momentum; Impuls; Tumbukan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 05:40 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39598 |