Widara, Ade (2019) Pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung Melalui Media Animasi Sebagai Pembelajaran Apresiasi Untuk Siswa/i Kelas VII Pada Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universita Negeri Medan.
1. NIM. 2143340002 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 2143340002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 2143340002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 2143340002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 2143340002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2143340002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 2143340002 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2143340002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2143340002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
13. NIM. 2143340002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM. 2143340002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung melalui media animasi sebagai pembelajaran apresiasi untuk siswa/i kelas VII pada sekolah menengah pertama.Landasan teoritis dalam skripsi ini dijadikan pedoman pada penelitian ini yakni teori kotler dan keller (2010:04) yang didukung oleh modifikasi Setyosari (2015:25) yang menjelaskan bagaimana langkah-langkah pengembangan media kartun animasi dengan perencanaan, penyusunan, produksi dan evaluasi yang menjadikan acuan dalam melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, uji laboratorium, uji kepustakaan. Observasi yang dilakukan untuk pengamatan tahap-tapan Tor-tor Naposo Nauli bulung, kemudian merekam dan mewawancarai hasil sehingga mendapatkan dokumentasi video dan foto. Dilanjutkan uji laboratorium kelayakan dengan validator ahli untuk menguji kelayakan pada penelitian ini. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan teliti selanjutnya hasil pengolahan data disusun secara sistematis dalam bentuk skripsi. Dalam proses penelitian ini diikuti dalam empat tahapan yakni: tahapan pertama perencanaan materi dan media animasi apa yang akan dipakai. Media animasi yang dipakai yakni adobe flash. Tahapan kedua penuyusunan materi Tor-tor Naposo Nauli Bulung yang akan dipaparkan pada media animasi kemudian tahap selajutnya produksi dimana hasil dari pengemasan berikut berupa produk cd/dvd kartun animasi pembalajaran apresiasi dengan media yang di pakai yakni Adobe Flash terakhir mengevaluasi hasil yang akan di lakukan diuji kembali dengan kelayakan uji validasi ahli materi dan uji validasi ahli media. Produk pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung melalui media sebagai pembelajaran apresiasi untuk siswa/i kelas VII pada Sekolah menengah Pertama. Dalam produk ini juga memperoleh hasil uji kelayakan dengan skor 96,91% pada ahli media dan ahli materi yang berarti materi Tor-tor Naposo Nauli Bulung melalui media animasi sangat layak untuk dijadikan pembelajaran apresiasi untuk siswa/i kelas VII pada Sekolah Menengah pertama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tor-tor Naposo Nauli Bulung; Pembelajaran Apresiasi; Media Animasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 06:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39571 |