Pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung Melalui Media Animasi Sebagai Pembelajaran Apresiasi Untuk Siswa/i Kelas VII Pada Sekolah Menengah Pertama

Widara, Ade (2019) Pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung Melalui Media Animasi Sebagai Pembelajaran Apresiasi Untuk Siswa/i Kelas VII Pada Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universita Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2143340002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2143340002 COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2143340002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2143340002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2143340002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2143340002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2143340002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2143340002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2143340002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2143340002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2143340002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2143340002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2143340002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2143340002 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2143340002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2143340002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2143340002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2143340002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2143340002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2143340002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 2143340002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 2143340002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung melalui media animasi sebagai pembelajaran apresiasi untuk siswa/i kelas VII pada sekolah menengah pertama.Landasan teoritis dalam skripsi ini dijadikan pedoman pada penelitian ini yakni teori kotler dan keller (2010:04) yang didukung oleh modifikasi Setyosari (2015:25) yang menjelaskan bagaimana langkah-langkah pengembangan media kartun animasi dengan perencanaan, penyusunan, produksi dan evaluasi yang menjadikan acuan dalam melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, uji laboratorium, uji kepustakaan. Observasi yang dilakukan untuk pengamatan tahap-tapan Tor-tor Naposo Nauli bulung, kemudian merekam dan mewawancarai hasil sehingga mendapatkan dokumentasi video dan foto. Dilanjutkan uji laboratorium kelayakan dengan validator ahli untuk menguji kelayakan pada penelitian ini. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan teliti selanjutnya hasil pengolahan data disusun secara sistematis dalam bentuk skripsi. Dalam proses penelitian ini diikuti dalam empat tahapan yakni: tahapan pertama perencanaan materi dan media animasi apa yang akan dipakai. Media animasi yang dipakai yakni adobe flash. Tahapan kedua penuyusunan materi Tor-tor Naposo Nauli Bulung yang akan dipaparkan pada media animasi kemudian tahap selajutnya produksi dimana hasil dari pengemasan berikut berupa produk cd/dvd kartun animasi pembalajaran apresiasi dengan media yang di pakai yakni Adobe Flash terakhir mengevaluasi hasil yang akan di lakukan diuji kembali dengan kelayakan uji validasi ahli materi dan uji validasi ahli media. Produk pengemasan Tor-tor Naposo Nauli bulung melalui media sebagai pembelajaran apresiasi untuk siswa/i kelas VII pada Sekolah menengah Pertama. Dalam produk ini juga memperoleh hasil uji kelayakan dengan skor 96,91% pada ahli media dan ahli materi yang berarti materi Tor-tor Naposo Nauli Bulung melalui media animasi sangat layak untuk dijadikan pembelajaran apresiasi untuk siswa/i kelas VII pada Sekolah Menengah pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tor-tor Naposo Nauli Bulung; Pembelajaran Apresiasi; Media Animasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Jul 2020 06:03
Last Modified: 14 Jul 2020 06:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39571

Actions (login required)

View Item
View Item