Muliati, Sri (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA DI LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172018 Judul.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 8106172018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
3. 8106172018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. 8106172018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. 8106172018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. 8106172018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7. 8106172018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. 8106172018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8106172018 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106172018 Bab V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
11. 8106172018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) perbedaan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diberi model pembelajaran langsung, (2) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa, (3) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMAN di kota Langsa. Secara acak, dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian yaitu SMAN 1 dan SMAN 3 Langsa. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari tujuh kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan penalaran, dan (2) skala disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA) dan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan disposisi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa, (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Peneliti menyarankan: (1) agar model pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa, (2) perangkat pembelajaran dipersiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai, (3) agar selektif dalam memilih materi yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah karena tidak semua materi cocok diterapkan dengan pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mul p |
Keywords: | Penalaran matematis; Disposisi matematis; Model pembelajaran langsung; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3956 |