Tanjung, Roslina (2013) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SMK PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710056 Judul.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. 081188710056 Abstrak.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. 081188710056 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 081188710056 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 081188710056 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. 081188710056 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. 081188710056 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 081188710056 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. 081188710056 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 081188710056 Bab V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
11. 081188710056 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara empirik tentang: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional, (2) Motivasi belajar matematika siswa yang melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa (4) Proses penyelesaian masalah dalam kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Percut Sei Tuan pada kelas XI yang terdiri dari 25 kelas yang memiliki 4 jurusan yaitu: Komputer, Listrik, Mesin dan Bangunan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas untuk dilakukan penelitian, dengan ketentuan satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas lagi untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari: pretest, posttes kemampuan berpikir kreatif, kedua instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, dengan koefisien reliabilitas untuk pretest 0,48 dan untuk posttest kemampuan berpikir kreatif matematika koefisisen reliabilitasnya adalah 0,867, angket motivasi belajar dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Analisa data dilakukan dengan Uji t dan Analisis Varians dua jalur (ANOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan berpikir kreatif matematik yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih baik dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) Motivasi belajar matematika siswa yang melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibanding siswa yang melalui pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar tingkat tinggi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, (4) Proses penyelesaian masalah pada pembelajaran kooperatif lebih baik, terurut langkah-langkahnya daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan kooperatif tipe STAD dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan materi pelajaran matematika, dan sudah seharusnya pembelajaran kooperatif tipe STAD ini disosialisasikan pada sekolah SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Tan p |
Keywords: | Motivasi; Berpikir kreatif; Pembelajaran kooperatif STAD; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3953 |