PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2018/2019

Hutahaean, Devi Kristina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153121012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153121012 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153121012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153121012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153121012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153121012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153121012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153121012 CHAPTER V.docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153121012 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153121012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-pottest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas X MIA SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay test, lembar penilaian keterampilan menyelidiki dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil pengolahan data pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 29,95 dengan standar deviasi 24,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol 29,77 dengan standar deviasi 26,50. Dari hasil uji t (dua pihak) nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,14, ttabel = 1,99, maka thitung< ttabel dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre-test kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post-test. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,94 dengan standar deviasi 93,28 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,00 dengan standar deviasi 79,88. Dari hasil uji t (satu pihak) dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 4,995 dan = 1,668. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 111
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Keterampilan menyelidiki; Aktivitas belajar; Momentum; Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:59
Last Modified: 22 Jun 2020 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39496

Actions (login required)

View Item
View Item