Hutahaean, Devi Kristina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121012 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 4153121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM 4153121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM 4153121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 4153121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
9. NIM 4153121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM 4153121012 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 4153121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-pottest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas X MIA SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay test, lembar penilaian keterampilan menyelidiki dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil pengolahan data pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 29,95 dengan standar deviasi 24,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol 29,77 dengan standar deviasi 26,50. Dari hasil uji t (dua pihak) nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,14, ttabel = 1,99, maka thitung< ttabel dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre-test kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post-test. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,94 dengan standar deviasi 93,28 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,00 dengan standar deviasi 79,88. Dari hasil uji t (satu pihak) dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 4,995 dan = 1,668. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 111 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Keterampilan menyelidiki; Aktivitas belajar; Momentum; Impuls |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 06:59 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39496 |