Ardiansyah (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4152121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 4152121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 4152121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 4152121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
9. NIM. 4152121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 4152121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 4152121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo, hasil belajar dengan pembelajaran konvensional, aktivitas hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik serta pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2018/2019. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Post-test. Populasi penelitian semua siswa kelas X IPA,terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik class random sampling, yaitu kelas X IPA-3 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo dan kelas X IPA-4 sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal dan lembar observasi afektif, psikomotorik serta aktivitas. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 25 dan kelas kontrol adalah 24,17. setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan edmodo dan kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dari perlakuan tersebut, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 60,83 dan kelas kontrol 48,83. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan(α) = 0,05 diperoleh thitung = 3,888 dan nilai ttabel = 1,671, terlihat bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo fisika terhadap hasil belajar fisika siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 167 |
Keywords: | Edmodo; Group investigation; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Media pembelajaran; E-learning; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 04:58 |
Last Modified: | 27 Jun 2020 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39462 |