Anshari, Syaiful (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS TEKNIK PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA SMA AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710061 Judul.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. 081188710061 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 081188710061 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. 081188710061 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. 081188710061 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. 081188710061 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. 081188710061 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. 081188710061 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 081188710061 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
10. 081188710061 Bab I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
11. 081188710061 Bab V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
12. 081188710061 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecakapan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis teknik pemecahan masalah menurut Polya. Penelitian ini dilakukan di SMA Plus Al-Azhar Medan, Jalan Pintu Air No. 214 Kwala Bekala, Padang Bulan Medan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting).Jumlah subjek dalam pelaksanaan siklus masing-masing 22 orang siswa kelas XI Plus A Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) terjadi peningkatan hasil belajar Matematika untuk persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 22,73% dan rata-rata kelas sebesar 6,41, dimana pada siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 72,36 dengan persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 68,18%, dan pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 78,77 dengan persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 90,91%. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis teknik pemecahan masalah menurut Polya efektif dalam peningkatan hasil belajar Matematika. Hasil pengamatan dari kedua pengamat dari sisi siswa bahwa nilai rata-rata kedua pengamat pada siklus I adalah 76,25%, siklus II adalah 88,75%. Dari sisi guru yang telah dilaksanakan pada siklus I nilai persentase rata-rata dari kedua pengamat adalah 81,81%, sedangkan siklus II yaitu 90,91%. (3) Respon siswa selama mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siklus I dan siklus II sangat positif baik dari data yang diperoleh melalui pengamatan maupun dari hasil wawancara dengan siswa. Hal ini mempengaruhi Kecakapan sosial siswa diantaranya mengenai kemampuan bekerjasama, tanggungjawab sosial, berinteraksi, dan pengelolaan konflik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis teknik pemecahan masalah menurut Polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecakapan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ans p |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Tipe jigsaw; Kecakapan sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3944 |