Luthfiya, Ade (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS METODE PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DENGAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X DI SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121001 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 4151121001 APROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4151121001 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4151121001 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 4151121001 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 4151121001 CHAPTERS I_docx.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 4151121001 CHAPTERS V_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 4151121001 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif berbasis metode pembelajaran guided teaching dengan team quiz terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui aktifitas siswa apabila diterapkan model kooperatif berbasis metode pembelajaran guided teaching dengan team quiz pada materi pokok momentum dan impuls kelas X di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimen dengan desain two group pretest-postes. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas ekperimen X MIA 2 dan kelas kontrol X MIA 1 yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur penguasaan kognitif yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda dengan lima pilihan (option) dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar pada model kooperatif dengan berbasis metode pembelajaran guided teaching dengan team quiz. Hasil nilai pretes yang diperoleh kelas ekperimen sebesar 59 dan kelas kontrol adalah 55 dan nilai posttest yang diperoleh kelas ekperimen adalah 73 dan kelas kontrol 65,40 dan hasil aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Kooperatif dengan berbasis metode pembelajaran guided teaching dengan team quiz dalam setiap pertemuan terjadi peningkatan keaktivan siswa. Pada pertemuan I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 60,73 dengan kategori kurang aktif, pertemuan II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 67,05 dengan kategori cukup aktif dan pada pertemuan III nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78,03 dengan kategori aktif. Berdasarkan Analisis uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model kooperatif berbasis metode pembelajaran guided teaching dengan team quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 149 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Guided teaching; Team quiz; Momentum; Impuls; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 14:36 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 14:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39422 |