Nurlaili PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE). Masters thesis, UNIMED.
1. 809171033 Judul.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2. 809171033 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. 809171033 Abstrak.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. 809171033 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. 809171033 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. 809171033 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. 809171033 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. 809171033 Bab I.pdf - Published Version
Download (966kB) | Preview
9. 809171033 Bab V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
10. 809171033 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis siswa, dan (4) mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2011/2012. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B berjumlah 32 orang untuk kelas kontrol dan VII-C berjumlah 32 orang untuk kelas eksperimen yang dilakukan secara random. Penelitian dilakukan pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (Anava). Tes hasil kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes berbentuk essay masing-masing sebanyak 5 butir soal.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel yakni 10,307 > 4,00 pada taraf signifikan α = 0,05. (2) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel yakni 6,392 > 2,76 pada taraf signifikan α = 0,05. (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel yakni 10,867 > 4,00 pada taraf signifikan α = 0,05. (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel yakni 3,410 > 2,76 pada taraf signifikan α = 0,05. Uji lanjut menggunakan uji Schffe yang membuktikan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW memperoleh hasil belajar lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran biasa. Berdasarkan penemuan ini, maka peneliti menyarankan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga dapat dijadikan masukan bagi guru dan kepala sekolah untuk dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang efek.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2016 16:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3939 |