Yulianti, Monica (2019) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENURUNKAN FOBIA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 KUALA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153111046 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4153111046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM 4153111046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
5. NIM 4153111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 4153111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM 4153111046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 4153111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4153111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM 4153111046 BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
14. NIM 4153111046 BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
15. NIM 4153111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan pendekatan PMRI pada pembelajaran matematika SMP/MTs kelas VII pada materi Luas Segiempat yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk ini digunakan sebagai sumber belajar yang dapat menurunkan fobia matematika peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi, yaitu hanya sampai pada tahap define (pendefinisian), design (desain), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Kuala yang berjumlah 32 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan LKPD yang berkualitas dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang digunakan dalam kategori baik dengan rata-rata skor 4,38. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan dilihat dari respon peserta didik yang sangat baik dengan rata-rata skor 3,39; respon guru yang sangat baik dengan skor 3,47; dan dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 87,50%. Keefektifan dilihat dari hasil tes kemampuan yang menunjukkan ketuntasan individual sebesar 87% dan ketuntasan klasikal 96,88%. Dampak dari penerapan LKPD ini yaitu turunnya fobia matematika peserta didik dengan penurunan sebesar 0,17 berdasarkan angket yang disebar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 090 |
Keywords: | Fobia matematika; Segiempat; Pembelajaran matematika; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 May 2020 15:14 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39343 |