Mariana (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEKS BUDAYA MELAYU PESISIR DI SMP NEGERI 8 TANJUNGBALAI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111024 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4152111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 4152111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 4152111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 4152111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6. NIM. 4152111024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4152111024 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 4152111024 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4152111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
13. NIM. 4152111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4152111024 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan konteks budaya Melayu pesisir lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment, dengan mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tanjungbalai T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Tanjungbalai kelas VIII dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 49 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dengan konteks budaya Melayu pesisir dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan komunikasi matematis, (2) Kuisioner gaya belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model problem based learning (PBL) dengan konteks budaya Melayu pesisir lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (model problem based learning dengan konteks budaya Melayu pesisir dan pembelajaran langsung) dan gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 105 |
Keywords: | Problem based learning; Pembelajaran langsung; Komunikasi matematis; Gaya belajar; Interaksi; Budaya melayu pesisir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 May 2020 14:50 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39341 |