Pandiangan, Lidia Wira H. (2019) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151111046 COVER.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
2. NIM 4151111046 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM 4151111046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 4151111046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 4151111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6. NIM 4151111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM 4151111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
8. NIM 4151111046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
9. NIM 4151111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
10. NIM 4151111046 BAB 1.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
14. NIM 4151111046 BAB 5.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
15. NIM 4151111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi siswa kelas VIII SMPS Santa Maria Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS Santa Maria Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model Problem Based Learning.
Berdasarkan hasil analisis data pada tes kemampuan awal dikeathui bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 49,89 yang diperoleh dari jumlah nilai siswa tiap indikator per banyak siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa adalah rendah dengan nilai ra-rata kelas 64,25 dimana 15 dari 29 atau 48,27% siswa telah tuntas memecahkan masalah namun masih bekum mencapai indikator keberhasilan. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingakat kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 83,91 dimana 28 dari 30 siswa atau 93,33% dari keseluruhan siswa telah tuntas memecahkan masalah. Dengan demikian dapat dikatakan di kelas tersebut telah tuntas memecahkan masalah, karena terdapat ≥ 85% dari banyaknya siswa yang telah tuntas memecahkan masalah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPS Santa Maria Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 095 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Persamaan linear; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 16:14 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39318 |