Manurung, Lastiar Krisnawaty (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII SMP TUNAS KARYA BATANG KUIS T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111019 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 4152111019 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM. 4152111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4152111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM. 4152111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4152111019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4152111019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4152111019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4152111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
13. NIM. 4152111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4152111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Tunas Karya Batang Kuis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Tunas Karya Batang Kuis T.P 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pelajaran snowball throwing pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Instrumen yang dipakai adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis.
Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari 67,33 (siklus I) menjadi 74,49 (siklus II) dengan persentase kemampuan komunikasi siswa secara klasikal adalah 56% (siklus I) menjadi 88% (siklus II). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap aspek yakni aspek representasi, kemampuan komunikasi matematis meningkat dari rata-rata 65,66 (siklus I) menjadi 72,99 (siklus II). Pada aspek menggambar, kemampuan komunikasi siswa meningkat dari rata-rata 69 (siklus I) menjadi 83,5 (siklus II). Pada aspek menulis/menjelaskan, kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 67,66 (siklus I) menjadi 71,66 (siklus II).
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Tunas Karya Batang Kuis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 099 |
Keywords: | Komunikasi matematika; Pembelajaran kooperatif; Snowball throwing; Kubus; Balok; Luas permukaan; Volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 16:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39317 |