Wati, Erna (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIS BERBASIS HIGH ORDER THINKING (HOT) BERDASARKAN METODE ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DI SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4152111011 JUDUL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
3.NIM. 4152111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4.NIM. 4152111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5.NIM. 4152111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6.NIM. 4152111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7.NIM. 4152111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8.NIM. 4152111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9.NIM. 4152111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13.NIM. 4152111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14.NIM. 4152111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOT dengan metode Newman. Penelitian ini berjenis kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Bein Baz SMP Swasta An-Nizam Medan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar perasaan dan wawancara. Hasil analisis data diperoleh 4 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu, kesalahan pemahaman 31%, kesalahan transformasi 24%, kesalahan keterampilan proses 18%, dan kesalahan penulisan jawaban 27%. Hasil menunujukkan kesalahan pemahaman lebih dominan dibandingkan dengan kesalahan lainnya. Selanjutnya, berdasarkan hasil rekapitulasi analisis data yang diperoleh gambaran kesalahan yang lebih dominan dilakukan siswa dari ketiga responden yaitu, Responden pertama pada kategori K5 (kesalahan dalam penulisan jawaban) indikator a dan d. Responden kedua pada kategori K3 (kesalahan dalam transformasi) indikator b dan d. Responden ketiga pada kategori K3 (kesalahan dalam transformasi) indikator b dan kategori K5 (kesalahan penulisan jawaban) indikator b. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa secara keseluruhan, yaitu kesalahan membaca (siswa kurang cermat dalam memperhatikan informasi soal); kesalahan memahami (siswa tidak mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal sehingga, mengakibatkan siswa tidak dapat menyelesaikan inti persoalan dalam soal tersebut); kesalahan transformasi (siswa kurang tepat dalam penulisan rumus dan metode penyelesaian soal dengan benar); kesalahan keterampilan proses (siswa kurang teliti dan berhati-hati dalam melakukan perhitungan); dan kesalahan penulisan jawaban akhir (siswa keliru dalam menuliskan notasi yang digunakan dan tidak melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII Bein Bazz SMP Swasta An-Nizam Medan dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOT sangat beragam, dimulai dari melakukan kesalahan dalam memahami masalah sampai melakukan kesalahan dalam penulisan jawaban.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 101 |
Keywords: | Kubus; Balok; High order thinking; Luas permukaan; Volume; Penyelesaian soal; Analisis kesalahan newman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 14:15 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39312 |