Hutagaol, Asiah Fitri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS XI MAN 2 LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4152111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 4132111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4132111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 4152111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM. 4152111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7. NIM. 4152111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. NIM. 4152111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 4152111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (763kB) | Preview
13. NIM. 4132111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 4152111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan integral di kelas XI-IPA2 MAN 2 Langkat melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA2 MAN 2 Langkat yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan tes dan observasi awal untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika awal siswa. Pada siklus I, pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan lembar kerja siswa yang tampilannya kurang menarik dan kelompok yang kurang bekerjasama dalam berdiskusi serta guru yang kurang ikut serta dalam membimbing siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus II, pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan memperbaiki lembar kerja siswa. Membuat tampilan lembar kerja siswa yang lebih menarik dan membuat kelompok baru yang membuat siswa dapat bekerja sama dalam berdiskusi. Guru berperan aktif dalam membimbing siswa ketika proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika minimal pada kriteria sedang, dimana sebanyak 29 siswa (97%) telah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika minimal pada kriteria sedang. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI-IPA2 MAN 2 Langkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 135 |
Keywords: | Pemahaman konsep; Pembelajaran kooperatif; Think talk write; Integral; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 11:48 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39307 |