Sijabat, Firman Andreas (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINNING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST BRASTAGI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4121111011_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
03_4121111011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04_4121111011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
02_4121111011_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
06_4121111011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
07_4121111011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
05_4121111011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
08_4121111011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
09_4121111011_BAB I.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
13_4121111011_BAB V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
14_4121111011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Lemahnya kualitas pengajaran yang disajikan guru menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa, sehinga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah menerapkan metode Student Facilitator and Explainning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explainning pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII-A SMP Swasta Methodist Berastagi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explainning. Instrumen penelitian ini melalui tes kemampuan komunikasi dan observasi. Soal tes kemampuan
komunikasi berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan komunikasi yang terdiri dari empat soal.
Berdasarkan dari analisis data tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I adalah cukup dengan rata-rata kelas 73,67 dengan 25 siswa dari 36 siswa (69,44%) yang memenuhi persentase kemampuan komunikasi matematis. Selanjutnya pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa masuk dalam kategori baik dengan rata-rata kelas 78,39 dengan 31 siswa dari 36 siswa (86,11%) yang memenuhi persentase kemampuan komunikasi matematis. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar, terdapat 6 siswa (16,67%) berada pada kategori sangat baik, sebanyak 13 siswa (36,11%) berada pada kategori baik, sebanyak 12 siswa (33,33%) berada pada kategori sedang, dan 5 siswa (13,89%) berada pada kategori buruk.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi di kelas VIII-A SMP Swasta Methodist Berastagi. Sehingga pembelajaran dengan metode Student Facilitator and Explainning ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 107 |
Keywords: | Komunikasi matematika; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Relasi; Fungsi; Student facilitator and explainning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 08:18 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39305 |