Sinambela, Pittauli (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Tunas Karya Batng Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 2152111016 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2 NIM. 2152111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3 NIM.2152111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM.2152111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5 NIM. 2152111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6 NIM. 2152111016 TABLES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7 NIM. 2152111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM. 2152111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9 NIM. 2152111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
13 NIM. 2152111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 NIM. 2152111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Batang Kuis sebanyak 150 siswa dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII-Unggulan A sebanyak 26 orang, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Grup Desing. Instrument yang digunakan adalah teks esai. Dari pengolahan data diperoleh niali rata-rata pre-test adalah 48,73, Standard deviasi adalah 9,467, standard error sebesar 1,894, sedangkan nilai ratarata post-test 75,46 standard deviasi adalah 8,85, standard error sebesar 1,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dalam menulis teks drama setelah menggunakan model pembelajaran Experiential Learning lebih tinggi dari pada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran Experiential Learning. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan ta dengan tabel t taraf signifikan 5% dengan df=N-1 =26-1 diperoleh taraf signifikan 5% =2,05. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 10,36 > 1,70, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Experiential Learning berpengauh positif terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Model Pembelajaran Experiential Learning; Menulis Teks Drama |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 May 2020 01:35 |
Last Modified: | 13 May 2020 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39229 |