Yolanda, Inge (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Lipirtup Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X MAS Al-Wasliyah 12 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153111017 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2153111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM 2153111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM 2153111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 2153111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 2153111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2153111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2153111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
12. NIM 2153111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 2153111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Lipirtup Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa MAS Al-Wasliyah 12 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X MAS Al-Wasliyah 12 Perbaungan berjumlah 138 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi dalam bentuk esai tes.
Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan menulis puisi. Tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 64,46 Standar Deviasi = 10,03 dan Standar Error = 1,86. Tes akhir (post-test) dengan nilai rata-rata 74,53 Standar Deviasi = 10,67 dan Standar Eror = 1,98. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 3,71 ,selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = (n-1) = (30-1) = 29. Pada tabel t dengan df 29 pada taraf 5% = 2,04. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,71 > 2,04, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran Lipirtup memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan; menulis; puisi; strategi Lipirtup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 May 2020 05:52 |
Last Modified: | 12 May 2020 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39193 |