Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Guided Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2018/2019

Sembiring, Yuni Novalina (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Guided Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2151111061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2151111061 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2151111061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2151111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2151111061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2151111061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2151111061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2151111061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2151111061 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2151111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2151111061 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2151111061 TABLES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2151111061 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2151111061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2151111061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2151111061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2151111061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2151111061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2151111061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2151111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Guided Teaching dalam menulis teks persuasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yang diambil dari teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 61,77, standar deviasi = 11,20 , sedangkan nilai rata-rata post-test =83,25, standar deviasi = 6,21. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 11,933 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk = (n-1, maka ttabel= 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0> ttabel yakni (11,933 >2,04) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Guided Teaching efektif digunakan terhadap pembelajaran menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model; Menulis Teks Persuasi; Guided Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 04 May 2020 02:17
Last Modified: 04 May 2020 02:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39159

Actions (login required)

View Item
View Item