Sembiring, Yuni Novalina (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Guided Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111061 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 2151111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 2151111061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM. 2151111061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 2151111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 2151111061 TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 2151111061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 2151111061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
12. NIM. 2151111061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
13. NIM. 2151111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Guided Teaching dalam menulis teks persuasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yang diambil dari teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 61,77, standar deviasi = 11,20 , sedangkan nilai rata-rata post-test =83,25, standar deviasi = 6,21. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 11,933 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk = (n-1, maka ttabel= 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0> ttabel yakni (11,933 >2,04) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Guided Teaching efektif digunakan terhadap pembelajaran menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model; Menulis Teks Persuasi; Guided Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 04 May 2020 02:17 |
Last Modified: | 04 May 2020 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39159 |