Hardiyanti, Siti (2019) Efektivitas Penggunaan Teknik Asosiogram dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111035 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 2152111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
3. NIM 2152111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 2152111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 2152111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 2152111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 2152111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 2152111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 2152111035 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM 2152111035 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM 2152111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2152111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik asosiogram terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Untuk penelitian
tersebut diambil kelas VIII-A yang berjumlah 35 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri 11 kelas. Pengambilan data dilakukan dengan penarikan
sampel secara acak (Simple Random Sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan desain penelitian one group pre test post test design. Dalam penelitian ini, kelas eksprimen diberikan tugas menulis teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan sesudah dan sebelum menggunakan teknik asosiogram. Dari distribusi data yang diperoleh
1) kelompok Pre test memiliki rata-rata 59,34 dengan standar devisi 16,28; dan 2) kelompok Post test memiliki rata-rata 74, 34 dengan standar deviasi 12,20. Hasil
perhitungan uji normalitas, diperoleh 1) kelompok pre test memeroleh harga Lo (Lhitung) = 0,1125 dan Ltabel = 0, 1497 maka Lhitung< L tabel yaitu 0,1125<0,1497. Hal
ini membuktikan bahwa data pre test berdistribusi normal; 2) kelompok post test memeroleh harga Lo (Lhitung) = 0,1371 dan Ltabel = 0,1497 maka Lhitung< Ltabel yaitu
0,1371<0,1497. Hal ini membuktikan bahwa data post test berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan tabel t pada taraf signifikan α= 0,05 dengan
df = N-1, df= 35-1 = 34 pada taraf nyata α = 5 %. Diketahui thitung>ttabel ,maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teknik asosiogram efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dilihat dari adanya
peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keefektifan; teknik asosiogram; menulis teks eksplanasi; struktur; dan kebahasaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 06:05 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 06:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39151 |