Sinaga, Nela Oktavia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Take and Give Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2123311055 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2. NIM. 2123311055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
3. NIM. 2123311055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 2123311055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 2123311055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 2123311055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 2123311055 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 2123311055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 2123311055 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM. 2123311055 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 2123311055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis surat dinas sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe take and give serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran tipe take and give terhadap kemampuan menulis surat dinas siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang diambil dengan teknik random sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah uji kemampuan menulis surat dinas yang diberikan saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rubrik penilaian yang digunakan adalah rubrik penilaian kemampuan menulis surat dinas. Hasil uji pretes ditemukan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis siswa adalah 62,3 dengan standar deviasi 9,89 yang mengindikasikan bahwa skor yang diperoleh siswa sangat beragam. Setelah dilakukan pretest, penulis memberi perlakuan kepada siswa yaitu dengan melakukan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe take and give. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran dengan model pembelajaran take and give siswa diberikan tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil postes diperoleh rata-rata nilai siswa 76,8 dan standar deviasi adalah 9,08. Pada hasil pretest terdapat nilai tertinggi adalah 88 dan nilai terendah adalah 56. Pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil uji t untuk α = 0,05 dan df = 30 -1 = 29 diperoleh ttabel = 1,69. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel, maka thitung > ttabel = 8,88 > 1,69, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran take and give berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII di SMP Negeri 1
Patumbak Tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Surat dinas; model pembelajaran; take and give |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 05:17 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 05:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39141 |