Sihombing, Jojor (2019) Pengaruh Media Kolase Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111028 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 2151111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 2151111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM. 2151111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 2151111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM. 2151111028 TABLES.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7. NIM. 2151111028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM. 2151111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
12. NIM. 2151111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. NIM. 2151111028 BIBLOIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kolase pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah 288 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 36 siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas ekperimen.
Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (Pre-test) dan sesudah ekperimen (Post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen
dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis teks persuasi sebelum menggunakan media pembelajaran kolase pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 kurang dengan nilai rata-rata 60. Kemampuan menulis teks persuasi sesudah menggunakan media pembelajaran kolase pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 baik dengan nilai rata-rata 80. Media pembelajaran kolase berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi. Hal ini terbuktikan dari hasil uji t diperoleh nilai 2,04 < 11,11. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media kolase dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media; Pembelajaran; Kolase; Menulis; Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 03:57 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39121 |