Elbetri, Indah Putri (2019) Analisis Penerapan Model Student Facilitator And Explaining(Siswa Sebagai Fasilitator dan Penjelas) Dalam Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153311019 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 2153311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. NIM 2153311019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 2153311019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 2153311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 2153311019 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 2153311019 ATTACHMENT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 215331019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
12.NIM2153311019CHAPTERV.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
13.NIM2153310119BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapan model Student Facilitator And Explaining dalam menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan
model Student Facilitator And Explaining yang mencakup enam langkah guru menjelaskan materi teks ulasan dan kompentensi dasar yang ingin dicapai, guru mendemonstrasikan atau menyajikan garis – garis besar materi pembelajaran teks ulasan, memberi kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui peta konsep mengenai materi teks ulasan. Hal ini bisa dilakukan secara bergiliran, guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa, guru menerangkan semua materi teks ulasan yang disajikan saat ini, penutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian penerapan dalam langkah model student facilitator and explaining yang dilakukan oleh Bapak Ahmad Badren Siregar S.Pd dinyatakan dengan baik, dikarenakan semua langkah dilakukan dengan baik hanya saja saat langkah ke pertama guru menyampaikan
materi teks ulasan dan kompetensi dasar yang ingin dicapai hanya 83%. Langkah pertama mendapatkan 83%, langkah kedua 84,3%, langkah ketiga 87,5 %, langkah keempat 87,5%, langkah kelima 87,5% dan langkah keenam sebagai penutup 87,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penerepan; model student facilitator and explaining; teks ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 12:24 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 12:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39118 |