Lestari, Lucy (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS NILAI KARAKTER DALAM LIRIK LAGU RAFLY KANDE UNTUK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA GEUDUBANG ACEH, KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192015 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8166192015 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM 8166192015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8166192015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 8166192015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 8166192015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM 8166192015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8166192015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8166192015 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM 8166192015 BAB V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM 8166192015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini meliputi (1) Mendeskripsikan produk pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis nilai karakter dalam lirik lagu Rafly Kande siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Geudubang Aceh berupa modul (2) Menyatakan nilai karakter dalam lirik lagu Rafly Kande dapat dijadikan bahan ajar (3) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar menulis puisi berbasis nilai karakter dalam lirik lagu Rafly Kande. Data penelitian ini ini adalah data deskriptif yang berupa hasil puisi siswa, ungkapan, pernyataan, kata-kata tertulis, nilai menulis puisi, serta dokumentasi tertulis lainnya seperti silabus dan materi pembelajaran menulis puisi dengan modul. Sumber data dalam oenelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan dengan menggunakan modul dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menulis puisi. keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi menunjukkan bahwa setelah siswa belajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, rerata nilai sebelum (pretest) menggunakan bahan ajar sebesar 72,53 dan rerata nilai sesudah (posttest) menggunakan bahan ajar sebesar 88,31 terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 15,78.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.1 Les p |
Keywords: | pengembangan bahan ajar menulis puisi; nilai karakter lirik lagu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 04:14 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39007 |