Alamsyah, Zulfikar (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot berbasis E-Learning Siswa Kelas X SMA Harapan 3 Delitua Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176192036 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 8176192036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
3. NIM 8176192036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM 8176192036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 8176192036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 8176192036 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8176192036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8176192036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 8176192036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
13. NIM 8176192036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM 8176192036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi demi meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam materi pembelajaran teks anekdot di SMA Harapan 3 Medan. Hasil belajar siswa dalam materi ini masih rendah sehingga memerlukan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran teks anekdot berbasis e-learning dan juga untuk mengetahui: (1) bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran teks anekdot berbasis e-learning (2) bagaimana kelayakan media pembelajaran teks anekdot berbasis e-learning (3) bagaimana dampak penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning dalam memahami teks anekdot. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran teks anekdot berbasis e-learning. Sampel pada penelitian ini 1 kelas dari 4 kelas X yang ada di SMA Harapan 3 Medan berjumlah 32 siswa dan 2 orang guru bahasa Indonesia. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara random sampling atau sampel acak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap I analisis kebutuhan, tahap II rancangan dan pengembangan produk, tahap III evaluasi dan uji coba produk. Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi berkategori sangat baik dengan perolehan persentase 96,87%. Penilaian kelayakan penyajian media berkategori sangatbaik dengan persentase 96,25%. Penilaian kelayakan bahasa berkategori sangat baik dengan persentase 95%. Hasil validasi ahli media untuk penilaian aspek tampilan berkategori sangat baik dengan persentase 96,66%. Untuk penilaian aspek pemrograman berkategori sangat baik dengan persentase 97,50%. Efektifitas produk diperoleh melalui hasil pretest 73,59 dan postest 90. Hasil selisih nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa rata-rata meningkat sebesar 16,41. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwasannya media pembelajaran teks anekdot berbasis e-learning telah layak dan efektif untuk digunakan oleh siswa kelas X SMA Harapan 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Ala p |
Keywords: | teks anekdot; media pembelajaran; e-learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4500 Essays (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 09:11 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39001 |