Antoni (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146172006 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8146172006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
3. NIM 8146172006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 8146172006 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM 8146172006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 8146172006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7.NIM 8146172006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8146172006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
12. NIM 8146172006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM 8146172006 BLIBIOGRPAHI.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 3) Efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 4) Peningkatan kemampuan berpikir ktitis matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing.dan 5) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA1 dan X-MIA2 SMA Negeri 3 Binjai. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid sebelum digunakan ke lapangan. (2) guru dan siswa sebagai pengguna perangkat telah menyatakan bahwa perangkat praktis untuk digunakan. (3) perangkat telah memenuhi kriteria efektif dilihat dari pemenuhan kriteria efektif pada uji coba II yang menunjukkan hasil bahwa 88,24% siswa telah memiliki kemampuan berpikir kritis dengan skor minimal 67. (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis uji coba I ke uji coba II sebesar 5% yaitu dari 77 menjadi 81. (5) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menujukkan hasil respon positif lebih dari 80% pada uji coba I dan II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Ant p |
Keywords: | Berpikir Kritis; Penemuan Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 09:06 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38989 |