Situmeang, Wesli H. (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176122026 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8176122026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176122026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 8176122026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 8176122026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM. 8176122026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 8176122026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
11. NIM. 8176122026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
12. NIM. 8176122026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menentukan kelayakan model pembelajaran berbasis media interaktif pada mata pelajaran ilmu sosial terpadu di SMP Negeri Tarutung Tapanuli Utara (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis komputer interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu di SMP Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini adalah model yang disusun dalam urutan yang terprogram dan sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam pembelajaran. Model ini meliputi 5 tahap yaitu: perencanaan / pengembangan desain, pengembangan produk, validasi ahli, pengujian, revisi dan produk akhir, maka model pembelajaran interaktif berbasis komputer layak. Ada perbedaan dalam hasil belajar siswa yang dipelajari menggunakan model pembelajaran berbasis komputer interaktif lebih efektif daripada yang dipelajari tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis komputer interaktif. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dipelajari menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif dan tanpa model pembelajaran berbasis Komputer interaktif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis Komputer interaktif yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sit p |
Keywords: | Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu; Model Pembelajaran; Komputer Interaktif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:43 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38966 |