Rosalia, Angeline Viska Ayu (2019) PENGEMBANGAN MEDIA DUBIDO BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH DASAR ILMU KIMIA DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176142001 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 8176142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
3. NIM. 8176142001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
4. NIM. 8176142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 8176142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
6. NIM 8176142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
7. NIM 8176142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 8176142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 8176142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
13. NIM. 8176141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM 8176142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media dubido berdasarkan kontekstual; (2) untuk mengetahui perolehan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan dubido; (3) untuk korelasi antara keuntungan dan bunga. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia di Unimed. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pengajaran dengan menggunakan media dubido berdasarkan kontekstual. Kelas eksperimen telah memenuhi persyaratan untuk uji normalitas dan homogenitas. Produk penelitian dikemas dalam bentuk aplikasi android (.apk) dan telah valid dan layak digunakan. Terdapat peningkatan hasil belajar dikelas eksperimen dan korelasi minat belajar mahasiswa terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata hasil pretest dan posttest adalah 36.615 dan 82.769. Peningkatan hasil posttest menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan dubido berdasarkan kontekstual dapat meningkatkan prestasi siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai oleh persen gain dengan nilai gain adalah 74%. Hasil uji t diperoleh dari thitung lebih dari ttabel (2,038 lebih dari 1,671) pada 0,05, artinya implementasi dubido berdasarkan kontekstual diberikan efek positif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Ros p |
Keywords: | Kontekstual; Dubido; Elektrokimia; Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa; Minat Mahasiswa; Respon Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:04 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38955 |